Rabu, 29 Oktober 2008

Screen Saver untuk Log Off PC Secara Otomatis (Win XP)

Anda sibuk bekerja dengan PC. Sesaat kemudian, Anda meninggalkan PC untuk sebuah urusan lain yang sangat penting. Namun, ketika PC tidak digunakan, Anda lupa memproteksinya sehingga PC tetap bisa digunakan oleh orang lain. Padahal, di dalam PC tersimpan banyak data-data rahasia Anda.

Sampai saat ini, memang banyak pengguna PC yang masih mengabaikan faktor keamanan dalam PC-nya. Jika kejadian di atas tadi terjadi, orang lain yang tidak berkepentingan bisa secara bebas memindahkan data-data penting Anda. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengamankan PC. Contohnya dengan password pada screen saver. Setelah Anda men-setting agar screen saver aktif dalam lima menit, misalnya, PC langsung terproteksi ketika screen saver berjalan. Anda juga bisa menjaga keamanan PC dengan cara log-off sebelum Anda meninggalkan PC. Namun, alangkah lebih bagus jika Anda menggabungkan keduanya. Saat screen saver berjalan, screen saver juga mengaktifkan timer untuk me-log-off PC secara otomatis.

Untuk melakukan trik tersebut, Anda membutuhkan tool Window Server 2003 resource kit. Anda bisa mendapatkannya dengan mengunjungi alamat www.microsoft.com/downloads. Setelah Anda membuka alamat tersebut, ketik "Window Server 2003 resource kit" pada kolom pencarian. Setelah tool ditemukan, download ke dalam salah satu folder. Setelah tool selesai di-download, Anda dapat langsung meng-install-nya ke dalam folder "Program Files". Setelah proses instalasi selesai, cari file bernama "WinExit.scr" dalam folder tersebut (tepatnya "C:\Program Files\Windows Resource Kits\Tools"). Klik kanan file WinExit.scr tersebut, lalu pilih option "Install" untuk mengintegrasikan screen saver tersebut ke dalam sistem Windows XP Anda.

Jika proses instalasi screen saver sudah selesai, Anda klik kanan desktop lalu pilih "Display Properties". Di dalamnya, aktifkan tab "Screen Saver", pastikan pilihan "Logoff Screen Saver" menjadi screen saver yang aktif. Klik tombol "Settings" yang ada di sampingnya. Di dalam window setting ini, Anda bisa menentukan kapan waktu log off saat screen saver sedang berjalan. Anda bisa memasukkan waktu hingga tiga digit dengan satuan detik dalam kolom "Time to Logoff". Apabila Anda sering bekerja dengan beberapa window terbuka di desktop, Anda memanfaatkan "Force Logoff". Fungsi ini bisa menutup secara paksa program-program yang sedang terbuka saat proses log off berlangsung (tidak peduli apakah program yang ditutup sedang menjalankan suatu proses atau idle). Selain itu, Anda juga bisa mengetikkan beberapa teks untuk dijadikan pesan pada kolom "Logoff Messages". Pesan ini akan muncul di atas timer saat screen saver ini aktif di layar PC.

Selanjutnya, setelah Anda meng-klik "OK", Anda dapat mengatur waktu kemunculan screen saver saat PC dalam keadaan "idle" Dengan Setting ini, kini Anda bisa meninggalkan PC dengan lebih tenang. Saat Anda meninggalkan PC, tidak lama kemudian screen saver akan aktif, lalu dalam beberapa menit kemudian, PC akan log off secara otomatis.

Tidak ada komentar: