Rabu, 29 Oktober 2008

Mengamankan XP dan Vista

Hacker dan pembuat virus memiliki satu sasaran favorit, yaitu Windows. Dibutuhkan langkah-langkah penangkalan yang tepat bagi pengguna Windows untuk mencegahnya.

Windows bukanlah sebuah sistem operasi dengan tingkat keamanan tinggi. Setiap pengguna sistem operasi ini harus mengupayakan sendiri proteksi yang diperlukan. Jika tidak, tidak sampai a5 menit, melalui media Internet, PC bisa dikuasai hacker. Berikut ini beberapa cara-cara mengamankan Windows.

Menghindari Website Hacker
Versi-versi terbaru Firefox sudah memiliki filter phising yang dapat memperingatkan Anda saat mengakses website-website berbahaya. Filter ini dapat Anda temukan dalam browser di menu "ToolsOptions", dalam bagian "Security".
Proteksi phising dalam bekerja. Namun, Anda bisa mempertimbangkan tawaran gratis dari McAfee. Plug-in SiteAdvisor milik McAfee tidak hanya mengenali website berbahaya, tetapi juga memberi informasi sangat rinci tentang sebab pemblokiran sebuah website.
Plug-in McAfee ini tersedia di www.siteadvisor.com/download/ff.html. Dalam website tersebut, klik saja pilihan "Download SiteAdvisor for Firefox Now". Selanjutnya pada halaman berikutnya, Anda harus memilih "Agree" untuk persyaratan penggunaan plug-in (End User License Agreement). Jika sudah, Anda dapat melanjutkannya dengan mengklik "Install SiteAdvisor for Firefox Now". Biasanya Firefox akan selalu memblokir instalasi plug-in dari pihak ketiga. Oleh karena itu, Anda dapat memilih "Allow" dalam Firefox bar, yang berwarna kuning. Sesudah itu, Anda dapat melanjutkan instalasi dengan memilih "Instal Now".

McAfee SiteAdvisor mengintegrasikan diri pada sisi kanan bawah Firefox. Apabila sebuah website diindikasikan tidak berbahaya, icon SiteAdvisor akan berwarna hijau. Sebaliknya, jika sebuah website yang Anda buka diindikasikan berbahaya, icon akan berubah warnanya menjadi merah. Apabila Anda ingin mengetahui, mengapa sebuah website diblokir oleh SiteAdvisor, Anda cukup mengklik icon SiteAdvisor, pilih "View Site Details", Anda sudah bisa mengetahui secara detail penyebab website diblokir.

Menonaktifkan Script Berbahaya
Plug-in NoScript termasuk perluasan keamanan yang tidak bisa ditinggalkan untuk browser Firefox. Walaupun Anda memiliki filter phising terbaik, bisa saja Anda tetap sampai ke sebuah website berbahaya saat berselancar. Di sinilah fungsi plug-in NoScript. NoScript melindungi browser Firefox dengan memblokir serangan yang berasal dari website hacker secara otomatis. Plug-in keamanan ini tersedia dalam kumpulan plug-in Mozilla Foundation yang dapat Anda download langsung melalui Firefox. Untuk men-download plug-in tersebut, dari dalam Firefox Anda buka "Tools Add-ons" dan klik "Get Extension" dalam window berikutnya.

Melalui fasilitas "Search", Anda dapat mencari plug-in "NoScript", apabila plug-in NoScript sudah Anda temukan, klik tombol hijau "Install Now" untuk segera men-download dan menginstalasinya. Seperti pada SiteAdvisor, di sini Anda perlu me-restart Firefox agar plug-in dapat berintegrasi dengan baik di kanan bawah Firefox.

Plug-in NoScript ini, sekali anda aktifkan, ia akan memblokir hampir semua script yang dijalankan secara otomatis dalam browser. Jadi, bila sebuah website tidak ditampilkan dengan benar, mungkin saja penyebabnya plug-in ini. Anda dapat mengizinkan script yang terblok dengan mengklik icon "S".

Tidak ada komentar: