Kamis, 30 Oktober 2008

Mematikan Fungsi Autoplay untuk Flashdisk (XP)

Pada saat Anda memasukkan perangkat flashdisk atau hard disk eksternal ke dalam port USB pada PC atau notebook, seketika itu juga sistem operasi Windows mengenalnya dan menjalankan fungsi autoplay. Dari sebuah window, Anda bisa memilih option untuk membuka folder dalam flashdisk atau menjalankan MP3 dengan software media player. Bagaimana jika Anda tidak menginginkan autoplay ini aktif? Ikuti tips berikut ini.

Untuk mematikan fungsi autoplay yang bisa menjalankan file-file dari perangkat penyimpan data eksternal seperti flashdisk, Anda bisa memanfaatkan susunan registry Windows. Untuk itu, Anda perlu membuka registry editor. Ketikkan "Regedit" dalam menu "Start Run". Setelah program registry editor terbuka, masuk ke dalam key "HKEY_CURRENT_USER Software Microsoft Windows CurrentVersion Policies Explorer". Perhatikan entry yang ada di window kanan. Klik ganda pada entry "NoDriveTypeAutorun" lalu ganti nilai 91 yang ada di dalam "Value Data" menjadi 95. Setelah itu, klik "OK".

Setelah Anda selesai mengubah nilai pada entry "NoDriveTypeAutorun", Anda dapat menutup program registry editor. Agar tips ini bisa berjalan dengan baik, Anda perlu me-restart PC. Apabila kemudian hari Anda menginginkan fungsi autoplay aktif kembali, Anda tinggal mengubah kembali nilai pada "Value Data" menjadi 91.

Tidak ada komentar: